5 Panduan Sukses Ternak Kelinci Tanpa Ngarit Tanpa Pelet yang Mudah Dilakukan

Kelinci merupakan hewan yang sangat digemari oleh orang-orang terutama di kalangan anak kecil. Saat ini banyak orang yang memanfaatkan hewan berbulu ini dengan cara beternak kelinci. Ternak kelinci cukuplah menguras modal yang sangat besar dan menguras tenaga. Kebanyakan mereka mengarit rumput atau memberikan pelet. Namun kedua cara tersebut sangatlah tidak efisien bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu dan modal yang cukup besar. Berikut tip sukses ternak kelinci tanpa ngarit tanpa pelet dengan modal kecil namun hasilnya sangat besar.

5 Panduan Sukses Ternak Kelinci Tanpa Ngarit Tanpa Pelet yang Mudah Dilakukan

Baca Juga : Cara Beternak Kelinci Jenis Rex dengan Mudah

Cara Ternak Kelinci yang Mudah Tanpa Ngarit Dan Pelet Bagi yang Bermodal Pas-Pasan

Menggunakan molase sebagai bahan campuran pakan kelinci

Molase atau tetes tebu sering digunakan pada berbagai peternakan untuk difermentasi menjadi pakan ternak. Hasil samping dari pembuatan gula ini sangat bagus untuk pencernaan para kelinci-kelinci tersebut. Selain itu, molase mengandung kandungan gula yang manis, sehingga menambah nafsu makan para kelinci-kelinci Anda.

Dengan cara mencampur molase secukupnya dengan pakan kelinci seperti sayur-sayuran. Atau bisa ditambah dengan EM4 untuk difermentasi. Molase tergolong bahan yang mudah dan harganya sangat murah untuk didapat. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan pakan fermantasi ini sebagai pengganti pelet yang cukup mahal harganya.

Campuran bekatul dan sisa sayur-sayuran hijau

Bekatul atau dedak yang biasanya didapat dari penggilangan padi. Bekatul sangatlah tinggi protein yang sangat dibutuhkan oleh kelinci-kelinci tersebut. Dedak sendiri berfungsi sebagai bahan penguat. Sayur-sayuran dapat didapat dengan harga sangat murah di pasar. Sisa sayuran tersebut kemudian dihaluskan untuk dapat tercampur dengan dedek.

Dengan mencampur kedua bahan tersebut dan ditambah dengan sedikit air dan dijadikan makanan padat untuk para kelinci-kelinci tersebut. Atau bisa ditambah tetes tebu untuk mendapatkan kandungan nutrisi lainnya. Dengan kandungan protein yang sangat tinggi dalam bekatul, akan mempercepat pertumbuhan kelinci-kelinci tersebut.

Baca Juga : Cara Beternak Kelinci New Zealand White bagi Para Pemula

Ampas tahu

Ampas tahu merupakan bahan yang penuh dengan protein. Sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan para kelinci. Dengan harga murah dan mudah didapat, Anda membuat pakan ternak kelinci secara ekonomis.

Dengan mencampur ampas tahu dengan beberapa sisa sayuran dan molase secukupnya, Anda juga dapat mencampur dengan bekatul. Dengan begitu nutrisi yang dibutuhkan oleh para kelinci cukup banyak. Dengan harga yang murah. Panduan sukses ternak kelinci tanpa ngarit tanpa pelet ini sangat dianjurkan bagi Anda yang bermodal kecil.

EM4 sebagai bahan fermentasi pakan

EM4 adalah campuran dari beberapa jenis mikroorganisme.

Baca Juga : Cara Sukses Bisnis Dropship

Fungsi EM4 yaitu sebagai pengurai atau fermentasi suatu bahan yang nantinya akan memperoleh kandungan nutrisi lebih. EM4 berbentuk cair dan sangat murah untuk didapat.

Penggunaannya cukup mudah, hanya dengan mencampur sisa sayuran dan bahan-bahan lainnya, seperti molase, ampas tahu, bekatul, konsentrat ayam, dan sebagainya. Kemudian didiamkan selama 4 hingga 7 hari. Cara ini sangat efektif sebagai panduan sukses ternak kelinci tanpa ngarit tanpa pelet.

Nasi sisa sebagai pakan

Nasi sisa merupakan bahan yang sangat mudah didapat oleh setiap orang. Tentunya dengan nasi sisa yang sangat murah untuk didapat, merupakan panduan sukses ternak kelinci tanpa ngarit tanpa pelet. Dengan mencampurkan dengan pakan lainnya, Anda dapat menggunakan nasi sisa ini sebagai pakan kelinci. Dengan ditambah dengan molase serta EM4 akan menambah nutrisi yang dikandung dalam pakan ternak tersebut.

Itulah 5 panduan sukses ternak kelinci tanpa ngarit tanpa pelet untuk Anda yang bermodal minim. Anda tidak perlu mencampur semua bahan-bahan tersebut menjadi satu. Namun sayuran hijau merupakan bahan pokok yang harus ada dalam pakan tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memulai ternak kelinci.

Baca Juga : Tips Sukses Bisnis Dropship

Inilah Cara Budidaya Lobster Air Tawar…

Diantara ikan laut lainnya, lobster bisa dikatakan merupakan primadona karena tidak hanya rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang lebih tinggi.
Muhai
7 min read

Cara Ternak Kerbau Modern di Indonesia…

Kerbau menjadi salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau banyak pula digunakan dalam beberapa acara adat istiadat.
Muhai
3 min read

Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat…

Bagi Anda yang menyukai burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung Pleci. Burung kicau yang satu ini juga sudah banyak diternakkan lo
Muhai
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *