Tips dan Cara Ternak Pleci Sistem Koloni untuk Pemula

Pleci merupakan jenis burung yang akhir-akhir ini banyak diternakkan, sebab pangsa pasarnya sedang bagus-bagusnya. Termasuk sebagai burung liar, salah satu cara terbaik untuk memelihara pleci adalah dengan sistem koloni. Memelihara burung pleci memerlukan ketekunan dan kesabaran, sebab kadang presentasi keberhasilannya tidak begitu besar. Bagi pemula, berikut merupakan tips dan metode ternak pleci sistem koloni yang bisa Anda coba.

Tips dan Cara Ternak Pleci Sistem Koloni untuk Pemula

Baca Juga : Berikut 5 Cara Budidaya Burung Pleci Kacamata yang Perlu Anda Ketahui

Langkah Mudah Cara Ternak Pleci dengan Kandang Koloni

Terdapat beberapa tahap untuk memelihara pleci dengan sistem kandang koloni. Sistem koloni akan memungkinkan burung untuk tinggal bersama, minimal dua dan bisa lebih di dalam satu wilayah. Menggunakan sistem ini lebih menguntungkan sebab pleci bisa lebih stabil ketika masa kawin dan tidak mudah stress, ini karena pleci merupakan burung kawanan.

Siapkan Kandang

Rekomendasi kandang untuk sistem koloni adalah tipe aviary, tipe yang paling tepat karena bisa digunakan di ruang yang sempit dan terbatas. Ketika musim kawin, Anda bisa menggunakan kandang sangkar sebagai. Material kandang bisa Anda sesuaikan, biasanya memakai kayu atau besi. Sediakan tempat untuk makan, minum, dan sangkar ketika kandang telah siap.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Pleci di Sangkar Gantung Paling Mudah

Memilih Indukan

Cara ternak pleci sistem koloni selanjutnya adalah memilih indukan yang tepat. Untuk indukan, sebaiknya gunakan satu spesies agar tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Rentang usia yang direkomendasikan untuk burung jantan adalah satu tahun, sedangkan betinanya berumur 1,5 tahun. Pilih burung pleci yang sudah jinak, cukup umur untuk dikawinkan dan memiliki fisik yang baik.

Menjodohkan Burung Pleci

Ketika pleci melakukan perkawinan, biarkan sepasang burung tetap dalam satu kandang, maksimal selama dua minggu. Setelah dua minggu, pisahkan keduanya dan bawa ke kandang masing-masing. Amati burung jantan, jika ia berkicau dengan nada yang berbeda, kemungkinan ia sedang memanggil betina. Satukan kembali hingga pleci betina menghasilkan telur

Pemberian Pakan pada Pleci

Karena diternakkan, Anda harus memperhatikan pakan yang hendak diberikan.

Baca juga : 5 Cara Budidaya Ikan Patin di Kolam Terpal yang Praktis dan Efisien

Pilihlah makanan yang mengandung gizi tinggi untuk pleci, diantaranya adalah kroto, cacing tanah, ulat hongkong, dan jangkrik. Cara ternak pleci sistem koloni dalam aspek pakan juga bisa Anda tambahkan suplemen. Ini dimaksudkan agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

Rawat Telur dan Induknya dengan Baik

Setelah masa perkawinan selesai dan pleci betina bertelur. Indukan akan mengerami telur tersebut sampai menetas. Namun jika pleci indukan enggan dan mengabaikan telur tersebut, berarti terdapat masalah pada indukan tersebut. Segera masukkan telur ke dalam inkubator untuk mencegahnya mati. Kemungkinan indukan tersebut tidak mau mengerami karena stress, pindahkan sarang ke tempat yang lebh tertutup dan jauhkan dari predator.

Merawat Anakan

Cara ternak pleci sistem koloni terakhir adalah melakukan perawatan pada anakan. Di awal masa pertumbuhan, anakan pleci bergantung dengan induknya, jadi biarkan induknya yang mengurusnya ketika kecil. Anda hanya perlu menyiapkan pakan yang mudah di cerna pada saat itu. Jaga sangkar tetap bersih agar burung anakan tidak mudah terkena penyakit.

Demikianlah cara ternak pleci sistem koloni untuk pemula. Beberapa tips tambahan yang bisa Anda terapkan adalah mempersiapkan lahan yang tenang agar burung pleci tidak gampang stress, menjaga kebersihan kandang, dan berikan material yang lembut untuk dijadikan sarang. Di malam hari berikan cahaya lampu untuk memudahkan indukan mencari makan dan menjaga burung tetap dalam kondisi hangat.

Baca Juga : 5 Panduan Sukses Ternak Kelinci Tanpa Ngarit Tanpa Pelet yang Mudah Dilakukan

Inilah Cara Budidaya Lobster Air Tawar…

Diantara ikan laut lainnya, lobster bisa dikatakan merupakan primadona karena tidak hanya rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang lebih tinggi.
Muhai
7 min read

Cara Ternak Kerbau Modern di Indonesia…

Kerbau menjadi salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau banyak pula digunakan dalam beberapa acara adat istiadat.
Muhai
3 min read

Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat…

Bagi Anda yang menyukai burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung Pleci. Burung kicau yang satu ini juga sudah banyak diternakkan lo
Muhai
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *