Cara Ternak Kelinci Sistem Umbaran yang Sederhana dan Simpel

Menjadi seorang peternak merupakan pekerjaan yang banyak ditemukan pada tiap daerah. Selain tak menilai masalah pendidikan, seorang peternak juga menghasilkan untung yang cukup besar. Apalagi jika beternak kelinci. Hewan pengerat yang lucu ini bisa dijual secara langsung sebagai hewan hias bisa juga dijual dagingnya. Namun, pernahkah tersirat di benak Anda mengenai metode ternak kelinci sistem umbaran? Nah jika Anda belum mengetahuinya berikut ini beberapa penjelasan singkatnya.

Cara Ternak Kelinci Sistem Umbaran yang Sederhana dan Simpel

Baca Juga : 5 Panduan Sukses Ternak Kelinci Tanpa Ngarit Tanpa Pelet yang Mudah Dilakukan

Panduan Dasar Cara Ternak Kelinci Sistem Umbaran yang Menjanjikan untuk Anda

Cara ternak kelinci sistem umbaran sendiri memang lebih mudah dilakukan untuk peternak. Tanpa harus ribet membuat kandang yang mewah kelinci sudah bisa menempati tempat yang sederhana itu. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan keuntungan lebih banyak dibanding menggunakan kandang yang mewah.

Pembuatan kandang

Cara ternak kelinci sistem umbaran yang pertama adalah membuatkan kandang untuk mereka. Bentuk kandang ini tak seperti kandang-kandang lain yang cukup rumit. Hanya perlu memakai bambu untuk membuat pagar tinggi agar kelinci tidak berkeliaran di luar kandang. Kelinci akan lebih bebas kesana kemari sebab kandang ini terbilang luas. Siapkan pula tempat untuk sembunyi yang nyaman untuk kelinci berlindung dari predator dan hujan.

Baca Juga : Cara Beternak Kelinci Jenis Rex dengan Mudah

Pembedaan jantan dan betina

Membedakan antara kelinci jantan dan betina tidaklah sulit dilakukan. Terlebih kelinci jantan, sebab alat kelaminnya sudah terlihat sejak berumur 4 minggu. Tak hanya itu kelinci jantan cenderung memiliki berat badan yang lebih ringan dibanding betina. Pemilihan kelinci jantan dan betina dilakukan untuk memprediksi kemungkinan saat perkawinan nanti. Usahakan untuk lebih banyak kelinci betina daripada jantan. Hal itu bertujuan agar betina tidak stress karena terlalu sering dikawini pejantan.

Pemberian pangan

Dalam perihal pemberian pangan masih sama dengan cara lain. Umumnya pangan ini harus tetap tersedia pada pagi dan sore. Pangan bisa berupa campuran antara pelet dengan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Satu kelinci biasanya akan membutuhkan pangan sekitar 4 % – 6 % dari berat badannya. Saat memberikan makan sebaiknya dengan porsi yang pas untuk menghindari kelinci makan berlebihan. Sebab, hal itu akan mempengaruhi kesehatan kelinci itu sendiri.

Pemilihan induk

Memilih induk kelinci yang berkualitas merupakan cara ternak kelinci sistem umbaran yang sangat penting.

Baca Juga : Cara Beternak Kelinci New Zealand White bagi Para Pemula

Sebab jika indukannya tidak bagus maka anak yang dihasilkannya pun tidak berkualitas . Namun sebaliknya, jika indukannya berkualitas maka anak yang dilahirkannya pun akan berkualitas. Sebenarnya tak hanya itu saja pemilihan induk yang baik juga akan mempengaruhi tingkat kematian pada anak kelinci. Untuk itu hal ini harus diutamakan sebelum mulai beternak.

Masa kehamilan kelinci

Kelinci yang hamil yang memiliki tingkah yang sangat berbeda dari sebelumnya. Ciri utamanya biasanya kelinci akan makan lebih banyak dan perubahan itu sangat mencolok. Hal itu terjadi selama 14 hari. Ciri lain yang bisa dijadikan acuan ialah sifat kelinci yang mulai agresif dan mulai membentuk sarang untuk melahirkan anaknya.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan singkat mengenai cara ternak kelinci sistem umbaran yang wajib Anda ketahui. Kelinci- kelinci Anda akan semakin meningkat jumlahnya jika Anda merawatnya dengan baik. Tak perlu menyiapkan perawatan yang berlebihan untuk beternak kelinci. Hanya dengan cara yang simple Anda sudah bisa meraup keuntungan banyak, mengingat kelinci banyak digemari masyarakat.

Baca Juga : Berikut 5 Cara Budidaya Burung Pleci Kacamata yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Cara Budidaya Lobster Air Tawar…

Diantara ikan laut lainnya, lobster bisa dikatakan merupakan primadona karena tidak hanya rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang lebih tinggi.
Muhai
7 min read

Cara Ternak Kerbau Modern di Indonesia…

Kerbau menjadi salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau banyak pula digunakan dalam beberapa acara adat istiadat.
Muhai
3 min read

Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat…

Bagi Anda yang menyukai burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung Pleci. Burung kicau yang satu ini juga sudah banyak diternakkan lo
Muhai
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *