Cara Ternak Burung Pleci di Sangkar Gantung Paling Mudah

Cara Ternak Burung Pleci di Sangkar Gantung Paling Mudah

Pleci menjadi burung yang akhir-akhir ini banyak diternakkan. Walaupun tingkat keberhasilannya tidak begitu tinggi, namun banyak peternak burung yang tetap mencobanya. Selain sebagai langkah untuk mencegahnya dari kepunahan, pleci juga bisa menjadi komoditas yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Bagi Anda yang hendak memelihara burung pleci, Anda bisa menggunakan metode ternak burung pleci di sangkar gantung ini.

Cara Sukses Ternak Pleci di Sangkar Gantung untuk Pemula

Sangkar gantung dipilih sebagai salah satu cara beternak burung pleci karena dianggap lebih efektif. Sebab di habitat aslinya, banyak burung pleci yang membuat sarang dengan model sarang gantung. Berikut merupakan langkah dan cara sukses untuk memelihara pleci dalam sangkar gantung.

Baca Juga : Contoh Usaha Kecil Menengah

Siapkan Sangkar untuk Pleci

Sangkar menjadi bagian yang penting dalam memelihara pleci. Buat sarang dengan ukuran minimal 40 x 30 x 40 cm. Di dalamnya sediakan beberapa barang penunjang untuk kelangsungan hidup pleci seperti tempat makan, sarang burung dan wadahnya, tempat minum dan bertengger

Memilih Indukan

Langkah selanjutnya dalam cara ternak burung pleci di sangkar gantung adalah mempersiapkan indukan untuk perjodohan. Terutama jika umur pejantan dan betina pleci telah cukup umur. Usia yang direkomendasikan untuk melakukan perjodohan adalah satu tahun untuk pejantan dan 1,5 tahun untuk betina. Pilihlah yang telah matang secara fisik, sehat dan tidak mengalami stress.

Baca Juga : Peluang Usaha Dengan Modal Kecil

Perjodohan

Gabungkan pejantan dan betina selama satu sampai dua minggu, dan perhatikan apakah ada perbedaan dengan keduanya. Setelah masa waktu selesai, pindahkan pejantan dan betina pleci di kandang yang terpisah. Jika kemudian pejantan berkicau dengan suara dan nada yang berbeda, itu tandanya perjodohan berhasil. Gabungkan kembali keduanya sampai betina bertelur di dalam sarang.

Pengeraman pada Burung Pleci

Setelah selesai melakukan perkawinan, burung pleci umumnya akan bertelur dan menggeraminya sendiri. Proses ini paling cepat terjadi sekitar dua minggu, atau 11-12 hari jika birahi betina pleci sedang tinggi. Telur akan menetas 12 hari kemudian dan akan dirawat oleh indukannya. Jika Anda terbiasa menjemur burung setiap hari, Anda tidak perlu menjemur indukannya setelah masa perkawinan selesai.

Perawatan untuk Anak Pleci

Cara ternak burung pleci di sangkar gantung selanjutnya adalah merawat anakan. Selalu sediakan makanan tepat waktu dan tersedia dengan cukup. Sebab jika makanan habis dan anakan pleci lapar, indukan akan membuang salah satu anaknya, sebagai alternatif untuk mencegah yang lain kelaparan.

Baca Juga : Usaha Online Tanpa Modal

Pada minggu pertama, Anda harus menjaga kandang agar tetap kondusif, jauh dari keramaian, bersih dan hangat. Jika tidak demikian, indukan akan lebih mudah mengalami stress dan tidak mau merawat anakannya. Untuk makanan sediakan kroto karena ia mudah dicerna, selama bertahap Anda bisa menambahkan makanan lain yang lebih keras.

Perawatan Burung Pleci

Anda bisa menambahkan vitamin dan makanan tambahan untuk membuat tumbuh kembang pleci maksimal. Ini juga membuatnya lebih tahan terhadap serangan penyakit. Penuhi asupan air dan bersihkan wadahnya tetap bersih, sebagai salah satu upaya memberikan minum yang segar. Bersihkan kandang secara rutin agar pleci hidup dengan nyaman.

Beberapa langkah tersebut merupakan cara ternak burung pleci di sangkar gantung. Anda bisa mencobanya sebagai hobi, dan mengembangkannya sebagai usaha bisnis apabila memang ingin dilakukan dengan lebih serius. Karena pleci termasuk dalam burung liar, pastikan Anda merawatnya dengan penuh kesabaran.

Baca Juga : Jenis-Jenis Budidaya yang Menguntungkan

Inilah Cara Budidaya Lobster Air Tawar…

Diantara ikan laut lainnya, lobster bisa dikatakan merupakan primadona karena tidak hanya rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang lebih tinggi.
Muhai
7 min read

Cara Ternak Kerbau Modern di Indonesia…

Kerbau menjadi salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau banyak pula digunakan dalam beberapa acara adat istiadat.
Muhai
3 min read

Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat…

Bagi Anda yang menyukai burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung Pleci. Burung kicau yang satu ini juga sudah banyak diternakkan lo
Muhai
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *