Cara-cara Unik Ternak Kerbau di Toraja

Cara-cara Unik Ternak Kerbau di Toraja

Kerbau menjadi salah satu hewan paling penting di Toraja. Dalam setiap perayaan kematian, kerbau harus selalu ada. Masyarakat meyakini bahwa kerbau ini nantinya akan menjadi kendaraan bagi arwah orang yang sudah meninggal untuk menuju akhirat atau Puya. Maka tak heran jika di Tana Toraja, masih banyak yang memelihara kerbau. Ternak kerbau di Toraja bisa sangat menguntungkan, sebab harga kerbau untuk sebuah perayaan pun cukup mahal. Untuk mengetahui bagaimana cara ternak kerbau di toraja, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Ternak Belut Bagi Pemula

Bagaimana Cara Ternak Kerbau di Toraja?

Ternak kerbau di Toraja cukup berbeda dari kerbau pada umumnya. Sebab hewan satu ini dianggap sebagai hewan yang cukup sakral di Toraja. Adapun ciri fisik kerbau Toraja juga cukup berbeda dengan daerah lainnya. Untuk kerbau tedong saleko yang memiliki harga sangat mahal dan sulit dikembangbiakkan misalnya, warnanya hampir menyerupai warna belang kulit sapi. Maka dari itu, ketika hendak beternak, ada beberapa cara yang mesti dikuasai lebih dulu. Berikut adalah metode beternak kerbau di Tana Toraja yang bisa Anda ikuti:

Membuat kandang kerbau dan tempat kubangan

Salah satu hal paling dasar untuk Ternak kerbau di Toraja adalah membuat kubangan untuk kerbau berkubang. Kandang kerbau harus didirikan di atas tanah datar. Lalu kubangan dibuat di tanah yang berlumpur dan berawa atau becek. Tempat itu harus bisa dijadikan tempat kerbau mandi dan berkubang.

Baca Juga : Usaha Agrobisnis

Menggembalakan kerbau

Di Toraja, kerbau bisa diternak secara mandiri maupun bersama-sama. Jika ternak dilakukan bersama-sama, maka proses penggembalaan dilakukan secara bergilir. Setiap pagi, sekitar pukul 8-9 kerbau harus dikeluarkan dari kandang. Setelah kerbau-kerbau berkubang, mereka kemudian akan dibawa ke tempat penggembalaan.

Baca Juga : Cara Budidaya Jamur Tiram

Padang penggembalaan biasanya berupa ladang atau area persawahan yang sudah dipanen dan ada banyak rumputnya. Jadi, di sinilah kerbau-kerbau tersebut akan digembalakan agar makan rerumputan yang ada. Makanan kerbau di antaranya adalah rumput gajah, ilalang, sianik, bonto, dan jenis rumput lainnya. Jadi, jika Anda hendak Ternak kerbau di Toraja, carilah tempat penggembalaan yang banyak rumputnya. Jumlah orang yang menggembalakan kerbau pun bermacam-macam, bergantung dengan gilirannya.

Mengandangkan kerbau di sore hari

kerbau pun harus selalu dibersihkan, supaya kerbau-kerbau tersebut bisa tetap sehat. Setiap sore, sekitar pukul 4-5, kerbau-kerbau harus dibawa pulang ke kandang. Setelah membersihkan kandang, Anda perlu menyalakan api unggun lebih dulu untuk mengusir nyamuk-nyamuk dan juga hewan-hewan pengganggu kerbau yang ada di kandang. Api unggun ini juga berfungsi untuk menghangatkan kerbau.

Dikandangkan kembali di sore hari

Setelah kandang dibersihkan dan api unggun dinyalakan, kerbau-kerbau pun harus dimasukkan kandang. Nah, apabila kerbau-kerbau tersebut belum kenyang, maka Anda perlu mencarikan tambahan rumput bagi para kerbau. Anda bisa melihat kondisi fisik kerbau untuk mengecek apakah kerbau sudah kenyang atau belum. Jika perutnya masih kempes dan kerbau nampak gelisah, artinya mereka belum kenyang. Jika kerbau sudah kenyang, barulah Anda boleh memasukkannya ke kandang. Dan kerbau akan dikeluarkan kembali pukul 8-9 keesokan harinya.

Nah, itulah tadi beberapa cara ternak kerbau di Toraja yang bisa Anda jadikan referensi saat hendak beternak kerbau.

Baca Juga : Kisah Sukses Peternak Sapi

Di Toraja, proses pemeliharaan kerbau dilakukan cukup teratur, sebab kerbau menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Dan harga kerbau juga sangat tinggi sebagai syarat dalam melakukan upacara perayaan kematian. Adapun dua daerah di Sulawesi yang banyak melakukan ternak kerbau berada di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Baca juga : Cara Ternak Lele yang Baik dan Benar

Cara-cara Unik Ternak Kerbau di Toraja

Inilah Cara Budidaya Lobster Air Tawar…

Diantara ikan laut lainnya, lobster bisa dikatakan merupakan primadona karena tidak hanya rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang lebih tinggi.
Muhai
7 min read

Cara Ternak Kerbau Modern di Indonesia…

Kerbau menjadi salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau banyak pula digunakan dalam beberapa acara adat istiadat.
Muhai
3 min read

Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat…

Bagi Anda yang menyukai burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung Pleci. Burung kicau yang satu ini juga sudah banyak diternakkan lo
Muhai
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *