Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat Bertelur untuk Pemula

Bagi Anda yang menyukai burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung Pleci. Burung kicau satu ini juga banyak diternakkan lo. Jika Anda adalah pemula yang ingin memelihara burung pleci, maka simak penjelasan mengenai metode ternak pleci agar cepat bertelur untuk pemula berikut ini.

Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat Bertelur untuk Pemula

Baca Juga : Tips dan Cara Ternak Pleci Sistem Koloni untuk Pemula

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina dengan Mudah

Untuk bisa menghasilkan telur, ketahui lebih dulu cara membedakan pleci jantan dan betina. Burung pleci jantan dan betina memiliki fisik yang cukup berbeda.

Ekor pleci jantan biasanya lebih panjang dari yang betina.
Namun bentuk paruh pleci jantan justru cenderung lebih pendek dari yang betina.
Lalu pleci jantan juga cenderung lebih agresif dibanding betina.

Harga Burung Pleci di Pasaran

Harga burung pleci yang biasa, satunya berada pada kisaran dua ratus ribuan. Namun jika Anda hendak membeli burung pleci yang sudah sering menjadi juara dalam perlombaan, harganya tentu berbeda. Anda bisa mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk pleci yang memang berkualitas bagus.

Makanan Burung Pleci yang Bagus

Makanan burung pleci tidak terlalu sulit. Anda bisa memberinya kroto, pisang kepok, jangkrik, atau ulat hongkong. Cara ternak pleci agar cepat bertelur untuk pemula salah satunya adalah dengan memberikan pakan secara teratur. Dengan makan teratur, pleci pun akan lebih bertenaga. Ada banyak jenis makanan untuk burung pleci, jadi Anda juga bisa memilihkan makanan dan memberikannya secara acak supaya burung pleci tidak bosan. Dan jangan lupa pula untuk memberinya buah dan sayur supaya pleci mendapatkan asupan vitamin dan gizi yang baik

Baca Juga : Cara Ternak Burung Pleci di Sangkar Gantung Paling Mudah

Mempersiapkan Kandang Burung Pleci

Cara ternak pleci agar cepat bertelur untuk pemula yang paling utama adalah dengan menyiapkan kandang yang nyaman bagi pleci. Agar lebih hemat tempat dan juga mudah untuk merawatnya, Anda bisa memakai kandang tipe aviary. Jangan lupa untuk memberikan tempat makan dan minum di dalam kandang untuk memudahkan perawatan ya.

Pemilihan Indukan Pleci

Pemilihan indukan juga harus diperhitungkan, supaya pleci yang dihasilkan berkualitas bagus. Pilihlah pleci betina yang umurnya sudah satu tahun. Pleci yang bagus adalah pleci yang masih lincah, fisiknya sehat, dan kicauannya juga merdu. Anda juga bisa melihat pleci yang sehat dari bulunya, jika bulunya cerah, maka pleci cenderung lebih sehat dan terawat. Jika Anda ingin anakan pleci yang berkualitas, Anda bisa memilih pleci dari jenis yang sama.

Penjodohan Pleci Betina dan Jantan

Cara ternak pleci agar cepat bertelur untuk pemula yang pertama adalah melakukan penjodohan. Untuk melakukan penjodohan pleci betina dan jantan, Anda bisa mendekatkan keduanya setiap hari dalam kurun waktu dua minggu. Anda bisa mendekatkan sangkar mereka setiap hari dalam waktu 24 jam. Jika mereka berjodoh, biasanya keduanya akan tidur berdekatan. Dan apabila mereka dijauhkan menjadi saling memanggil, penjodohan bisa dianggap berhasil.

Pengeraman Telur Pleci

Jika burung sudah kawin, maka betinanya akan menunjukkan tanda-tanda hendak bertelur.

Baca Juga : 6 Manfaat Ikan Patin Sangat Penting untuk Ibu Hamil dan Anak Balita

Namun bisa saja, betina pleci tidak mau mengerami telurnya setelah bertelur. Jika begitu, pengeraman telur harus diselamatkan dengan memindahkan telur dengan cara inkubator. Dan apabila indukan sudah bertelur, Anda bisa memisahkan pleci betina dari pleci jantan. Hal ini untuk menghindari adanya telur yang pecah karena keduanya.

Cara Perawatan Pleci yang Sudah Menetas

Setelah pleci menetas, perawatan pleci yang Sudah menetas sangat penting dilakukan dalam lima hari pertama. Anda harus benar-benar memperhatikannya. Berikan makanan yang bergizi untuk pleci. Apabila Anda hendak membuat anakan pleci lebih jinak, pisahkan saja burung tersebut dari induknya ketika berumur 11 hari.

Pemberian Pakan Pleci

Ada banyak jenis makanan untuk burung pleci. Bagi pleci yang baru menetas, Anda bisa menggunakan jangkrik yang dipotong kecil-kecil sebagai makanannya. Untuk menambah asupan vitaminnya, Anda bisa memberi pleci buah-buahan, baik pisang maupun pepaya.

Berikan Gizi Paska Bertelur

Cara ternak pleci agar cepat bertelur untuk pemula yang tak kalah penting adalah memperhatikan pleci setelah telurnya keluar. Paska bertelur, lihatlah apakah pleci betina mau mengerami telurnya atau tidak. Jika tidak, lakukan proses inkubator untuk menyelamatkan telur tersebut. lalu untuk indukan burung pleci, tetap berikan asupan gizi yang bagus, supaya bisa kembali bertelur. Apabila semua telurnya mati, Anda bisa menunggu sekitar 2 minggu lagi supaya betina dapat kembali bertelur

Perawatan Pleci setelah Menetas

Perawatan anak burung pleci sebenarnya bisa dilakukan oleh indukannya sendiri. Anda cukup memberikan makanan kepada burung berupa voer yang dicampur air hangat, supaya lebih lembut dan mudah dicerna oleh anakan. Jika menggunakan jangkrik, pastikan Anda mencincangnya lebih dulu.

Pemberian Vitamin pada Anakan Pleci

Vitamin diperlukan oleh burung pleci supaya lebih sehat. Pemberian vitamin ini menjadi cara ternak pleci agar cepat bertelur untuk pemula yang perlu diperhatikan. Anda bisa menggunakan buah-buahan untuk memberikan asupan vitamin pada pleci. Dengan vitamin, pleci akan lebih tahan terhadap penyakit.

Penuhi Asupan Air Burung Pleci

Kemudian, jangan lupa pula untuk memenuhi asupan air bagi pleci. Penuhi asupan air supaya pleci tetap dalam kondisi prima. Usahakan pula untuk membersihkan wadah minum pleci secara rutin, supaya airnya tetap bersih. Anda bisa meletakkan wadah minumnya di luar sangkar supaya mudah untuk dibersihkan.

Membersihkan Kandang Pleci

Cara ternak pleci agar cepat bertelur untuk pemula berikutnya adalah dengan rutin membersihkan kandang pleci. Jika Anda rajin membersihkannya, maka pleci akan lebih nyaman tinggal di kandang. Alhasil, pleci akan lebih lincah dan tidak akan mudah stres. Dengan kandang yang bersih, pleci juga akan terjaga kesehatannya, sehingga tak mudah terserang penyakit.

Memandikan Pleci

Selain itu, supaya pleci tetap bersih dan memiliki bulu yang berwarna tetap bagus, Anda harus rutin memandikannya. Setiap hari Anda perlu meluangkan waktu untuk memandikan pleci. Di pagi hari Anda bisa memandikannya pada pukul 7-8. Lalu untuk sore hari, Anda bisa memandikannya di jam-jam 4 atau 5.

Menjemur Pleci

Di siang hari, Anda perlu menjemur burung pleci. Setelah dimandikan, jemurlah pleci di bawah sinar matahari. Pleci perlu dijemur supaya tidak kedinginan, apalagi setelah Anda mandikan di pagi hari. Sinar matahari juga bagus untuk burung pleci. Burung juga tak akan mudah stres jika terkena sinar matahari.

Berikan Buah dan Sayur untuk Pleci

Untuk memenuhi asupan vitamin dan gizi burung pleci, berikan buah dan sayur sebagai makanannya. Adapun jenis buah dan sayur yang bisa dimakan oleh pleci yaitu tomat, wortel, apel, pisang, pepaya, jeruk, kelengkeng, mentimun, atau buah lain yang mau dimakan pleci. Dengan memberikan asupan yang tepat, pleci pun akan lebih sehat dan kicauannya juga akan lebih baik ketika pleci dalam kondisi sehat.

Nah, itulah tadi beberapa hal mengenai cara ternak pleci agar cepat bertelur untuk pemula. Tentu bagi seorang pemula akan terasa cukup sulit, namun jika Anda mengikuti berbagai cara tersebut dengan tepat, maka pleci pun bisa cepat bertelur.

Baca Juga : Jenis Jenis Budidaya yang Menguntungkan

Inilah Cara Budidaya Lobster Air Tawar…

Diantara ikan laut lainnya, lobster bisa dikatakan merupakan primadona karena tidak hanya rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang lebih tinggi.
Muhai
7 min read

Cara Ternak Kerbau Modern di Indonesia…

Kerbau menjadi salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau banyak pula digunakan dalam beberapa acara adat istiadat.
Muhai
3 min read

Tips dan Cara Ternak Pleci Sistem…

Pleci merupakan jenis burung yang akhir-akhir ini banyak diternakkan, sebab pangsa pasarnya sedang bagus-bagusnya. Memeliharanya memerlukan ketekunan
Muhai
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *