Cara Beternak Kelinci Hias untuk Pemula Sejenis Anggora

Siapa yang suka dengan mamalia lucu bernama kelinci? Jika Anda salah satunya coba sebutkan jenis apa yang paling disukai. Sebenarnya kelinci memiliki jenis yang beragam. Namun, yang akan dibahas kali ini adalah kelinci sejenis anggora. Kelinci anggora sendiri memiliki bulu yang lebih lebat daripada kelinci lain. Tetapi metode beternak kelinci hias untuk pemula sejenis anggora tidak ada bedanya dengan kelinci lain. Namun, jika hal ini diabaikan maka kelinci anggora yang Anda miliki bisa mati karena tak terawat dengan baik.

Cara Beternak Kelinci Hias untuk Pemula Sejenis Anggora

Baca Juga : Cara Ternak Kelinci Sistem Umbaran yang Sederhana dan Simpel

5 Cara Ternak Kelinci Hias Bagi Pemula yang Mudah dan Benar

Kelinci sejenis anggora sendiri memiliki harga yang lumayan tinggi. Berkisar antara 150 ribu sampai 600 ribu. Tetapi sungguh hal itu tidak mengurangi daya minat bagi pencintanya. Jika Anda berminat untuk memeliharanya, berikut ada beberapa cara beternak kelinci hias untuk pemula.

Makanan dan minuman kelinci

Hal utama yang harus dilakukan untuk merawat kelinci anggora adalah dengan memberinya makanan sehat. Pada umumnya kelinci memakan rumput dan sayuran, dan hal itu tidak ada bedanya dengan anggora. Untuk itu persediaan rumput dan sayuran harus tetap terjaga. Jika ingin memberinya tambahan makanan, berikan pelet ataupun biji-bijian. Sementara untuk minumnya bisa diberikan campuran vitamin pada airnya. Ganti air setiap hari dan jangan lupa untuk membersihkan wadah minumnya

Kandang kelinci

Cara beternak kelinci hias untuk pemula yang sangat penting dilakukan yaitu dengan menyiapkan kandang yang baik. Setiap satu ekor kelinci usahakan memiliki kandang berukuran 70 cm. hal itu bertujuan agar kelinci bebas bergerak kesana kemari. Tak hanya itu saja, pemilihan lokasi kandang juga harus nyaman. Yaitu bebas pemangsa, dan tidak bising. Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan kandang agar kelinci tidak stres dan mudah sakit.

Baca Juga : 5 Panduan Sukses Ternak Kelinci Tanpa Ngarit Tanpa Pelet yang Mudah Dilakukan

Tempat bermain

Tak hanya memenuhi seluruh kebutuhan pangannya saja. Melainkan mengajak kelinci untuk bermain juga sangat penting untuk dilakukan. Kelinci anggora yang diajak bermain cenderung lebih sehat dan aktif dibandingkan dengan kelinci yang tidak pernah diajak bermain. Kelinci bisa dilepaskan pada tanah terbuka ataupun membuatkan area permainan sendiri di sekitar kandang. Namun, keamanan tetap harus diperhatikan untuk menjaga kelinci dari bahaya.

Perkawinan kelinci

Setiap makhluk hidup pasti akan berkembangbiak. Untuk itu perkawinan pada kelinci anggora juga akan terjadi dan harus Anda perhatikan betul prosesnya. Biasanya kelinci yang sudah dalam masa kawin akan terlihat jelas gerak-geriknya. Nah, disaat itulah Anda harus memasukkan kelinci betina ke kandang jantan agar melangsungkan perkawinan. Setelah sekitar 15 menit segera pisahkan mereka agar pembuahan berhasil sempurna.

Mengisi kandang dengan jerami dan selalu membersihkannya

Pemberian jerami pada kandang kelinci bertujuan untuk tetap membuat kandangnya kering.

Baca Juga : Cara Beternak Kelinci Jenis Rex dengan Mudah

Cara beternak kelinci hias untuk pemula ini memang jarang dipakai oleh banyak orang. Padahal jika kandang kelinci memiliki kelembapan yang cukup tinggi akan membuatnya gampang terserang penyakit. Usahakan pula untuk sering membersihkan kandangnya agar kelinci tetap nyaman dan sehat.

Beberapa cara beternak kelinci hias untuk pemula bisa Anda coba terapkan untuk kelinci Anggora. Selain cara itu mudah dilakukan, tentunya akan membuat kelinci Anda sehat dan lincah. Cara-cara yang terbilang sederhana itu akan sangat dirasakan oleh kelinci Anda. Sungguh kasih sayang Anda pada kelinci-kelinci itu akan membuat mereka selalu mengingatnya.

Baca Juga : Cara Beternak Kelinci New Zealand White bagi Para Pemula

Inilah Cara Budidaya Lobster Air Tawar…

Diantara ikan laut lainnya, lobster bisa dikatakan merupakan primadona karena tidak hanya rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang lebih tinggi.
Muhai
7 min read

Cara Ternak Kerbau Modern di Indonesia…

Kerbau menjadi salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau banyak pula digunakan dalam beberapa acara adat istiadat.
Muhai
3 min read

Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat…

Bagi Anda yang menyukai burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung Pleci. Burung kicau yang satu ini juga sudah banyak diternakkan lo
Muhai
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *