Yuk Intip Cara Budidaya Kelinci Lokal Bagi Pemula

Kelinci merupakan salah satu hewan mamalia pemakan tumbuhan yang sangat menggemaskan. Bagaimana tidak bulunya yang lembut dengan telinga memanjang menjadikan hewan ini sangat banyak digemari oleh masyarakat. Selain dipelihara untuk dijadikan hewan hias, kelinci juga banyak dijadikan aneka masakan. Apalagi kelinci lokal. Namun, cara budidaya kelinci lokal terbilang gampang-gampang susah. Terlebih jika musim penyakit yang bisa membunuh kelinci dalam jumlah banyak sekaligus.

Yuk Intip Cara Budidaya Kelinci Lokal Bagi Pemula

Baca Juga : Cara Beternak Kelinci Hias untuk Pemula Sejenis Anggora

Cara Budidaya Kelinci Lokal untuk Pedaging yang Wajib Anda Ketahui

Beternak kelinci dilansir memiliki keuntungan yang menjanjikan. Alasannya kelinci memiliki biaya perawatan yang cenderung murah. Banyak orang memilih untuk beternak kelinci lokal daripada kelinci lain. sebab kelinci dengan jenis ini memiliki harga yang agak miring jika dibandingkan dengan kelinci lain. untuk bisa mengetahui lebih lanjut tentang metode budidaya kelinci lokal, silahkan simak penjelasan berikut.

Persiapkan kandang dan lokasinya

Dalam mempersiapkan peternakan kelinci lokal, hal pertama yang harus dilakukan ialah memilih lokasi. Lokasi yang paling baik untuk beternak kelinci ialah berdekatan dengan mata air, tak ada asap, dan suara lalu lalang kendaraan. Namun, yang paling utama yaitu harus aman dari kucing dan anjing. Setelah itu silahkan buat kandang yang menarik untuk kenyamanan kelinci Anda.

Kandang yang nyaman biasanya memiliki suhu sekitar 21 derajat dan memiliki sistem pencahayaan sekitar 12 jam. Untuk kandang sendiri berukuran 250x80x80 cm dengan tinggi 50 cm untuk kelinci pejantan atau betina. Sementara ukuran 60x40x55 untuk kelinci yang masih anak-anak.

Baca Juga : Cara Ternak Kelinci Sistem Umbaran yang Sederhana dan Simpel

Perhatikan cara perawatan kelinci

Cara budidaya kelinci lokal selanjutnya adalah memperhatikan perawatan kelinci. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan dan kelembapan kandang. Jangan biarkan kandang kelinci menjadi sangat lembab. Sebab, hal itu akan memicu kelinci rentan terserang penyakit. Setelah itu pisahkan antara kelinci betina, jantan dan anak-anak. Anak kelinci bisa dilakukan penyapihan ketika berumur 6-9 minggu.

Segera lakukan pengobatan pada kelinci yang sakit, agar tidak menular pada yang lain. Biasanya penyakit kelinci berupa pilek, penyakit kulit dll. Untuk perihal pakan, usahkan untuk selalu memenuhi kebutuhan itu dan tambahkan pula sedikit vitamin. Perawatan-perawatan tersebut bertujuan untuk tetap menjaga kesehatan kelinci.

Pilih bibit yang unggul

Pemilihan bibit ini haru memerlukan perhatian khusus dari Anda. Sebab jika Anda salah pilih, maka kelinci tidak akan menghasilkan bibit yang unggul. Cobalah untuk memilih kelinci yang bertubuh besar, matanya sangat jernih, kepalanya berukuran besar, bulu-bulunya halus, dan sehat.

Perhatikan masa perkawinan kelinci

Cara budidaya kelinci lokal yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan masa kawin kelinci.

Baca Juga : 5 Panduan Sukses Ternak Kelinci Tanpa Ngarit Tanpa Pelet yang Mudah Dilakukan

Pilih penjantan dan betina yang berusia 5 bulan. Jika jantan baru pertama kali kawin maka pasangkan dengan betina yang pernah beranak. Perihal waktu terbaik kawin ialah pagi dan sore.

Perhatikan masa kehamilan kelinci

Sesudah melalui proses kawin, kelinci akan hamil selama 28-32 hari. Kelinci baru akan terdeteksi kehamilannya jika Anda memeriksa perutnya rentang 2 minggu setelah perkawinan. Pindahkan kelinci ke kandang khusus setelah memasuki kehamilan usia 29 hari. Kelinci lokal akan melahirkan 7-10 ekor anak pada waktu malam atau sore hari.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai cara budidaya kelinci lokal yang harus Anda lakukan. Dengan melakukan prosedur-prosedurnya dengan baik maka bisa dipastikan jika kelinci Anda akan sehat dan dapat menghasilkan bibit-bibit unggul.

Baca Juga : Cara Beternak Kelinci Jenis Rex dengan Mudah

Inilah Cara Budidaya Lobster Air Tawar…

Diantara ikan laut lainnya, lobster bisa dikatakan merupakan primadona karena tidak hanya rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang lebih tinggi.
Muhai
7 min read

Cara Ternak Kerbau Modern di Indonesia…

Kerbau menjadi salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau banyak pula digunakan dalam beberapa acara adat istiadat.
Muhai
3 min read

Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat…

Bagi Anda yang menyukai burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung Pleci. Burung kicau yang satu ini juga sudah banyak diternakkan lo
Muhai
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *