5 Cara Budidaya Ikan Patin di Kolam Terpal yang Praktis dan Efisien

Ikan patin terkenal karena rasanya yang lebih enak dari ikan lele. Bahkan, benihnya pun berharga lebih mahal ketimbang benih ikan lele. Tak jarang, banyak orang mencoba untuk membudidayakan ikan jenis ini. Namun, sebelum melakukan budidaya, perlu diperhatikan kolam yang akan digunakan sebagai wadah. Macam-macam kolam ikan patin pun beraneka ragam misalnya seperti kolam beton, kolam terpal, dan lain sebagainya. Khusus untuk topik pembahasan kali ini adalah tentang metode budidaya ikan patin di kolam terpal yang terkenal praktis dan efisien.

5 Cara Budidaya Ikan Patin di Kolam Terpal yang Praktis dan Efisien

Baca Juga : Analisis Usaha Budidaya Ikan Patin Dan Peluang Usahanya

Beberapa Cara Membudidayakan Ikan Patin di Kolam Terpal

Pemilihan Benih Ikan Patin

Cara budidaya ikan patin di kolam terpal yang pertama adalah dengan memilih benih yang cocok untuk menentukan lama waktu panen dan kualitasnya. Metode untuk mendapatkan benih ikan patin bisa Anda lakukan dengan pemijahan sendiri. Jika terlalu repot melakukan pemijahan, maka alternatif lain adalah dengan membeli benih di Balai Benih Ikan yang tersedia di daerah Anda.

Pembuatan Kolam dari Terpal

Selanjutnya, cara membuat kolam terpal untuk ikan patin biasanya lebih murah dan praktis. Selain itu, kolam terpal bisa langsung dibongkar mudah tanpa meninggalkan kerusakan pada lahan tanah. Pilih terpal dengan kualitas baik dan mempunyai ketebalan yang cukup untuk digunakan selama bertahun-tahun. Ratakan lahan tanah yang akan dipasangi terpal. Lalu, taburkan pasir halus dengan tinggi kira-kira 10 cm pada kolam terpal. Setelah itu, pasang terpal dan beri penyangga sesuai kebutuhan.

Penebaran Benih Ikan Patin

Usai kolam terpal selesai, cara budidaya ikan patin di kolam terpal selanjutnya adalah dengan menebar benih ikan patin.

Baca Juga : Metode Dan Cara Budidaya ikan Patin Agar Cepat Besar

Sebelum itu, pastikan bahwa kolam air terpal telah ditumbuhi plankton yang digunakan sebagai pakan alami nantinya. Perlu juga disiapkan wadah kantong plastik untuk menaruh benih nantinya, masukkan ke dalam kolam dan diamkan selama 10-20 menit. Jangan lupa untuk membuka kantong plastik benih. Lebih baik menabur benih saat pagi atau sore hari, sebab pada saat itu suhu air tidak terlalu panas.

Pemberian Pakan Ikan

Ikan patin diberi porsi makan sesuai dengan bobot tubuhnya. Semakin kecil ikan patin, maka konsumsi pakannya harus lebih banyak dan sering. Sebaliknya, apabila bobot tubuh patin besar cukup berikan porsi 3/4 dari bobot tubuhnya atau sekitar 3 kali sehari. Anda bisa menabur pakan dengan merata ke seluruh permukaan kolam. Nantinya, ikan patin yang akan menyambut makanan itu sendiri. Lebihi pakan ikan patin jika ikan patin masih agresif menyambut makanan dan kurangi apabila ikan patin sudah malas menyambut makanan.

Baca Juga : Cara Ternak Lele Yang Baik Dan Benar

Perawatan Secara Rutin

Tahap terakhir dari cara budidaya ikan patin di kolam terpal ialah dengan memelihara atau memantau air yang digunakan untuk kolam. Rutin-rutinlah membersihkan kolam dan mengganti air setiap 2-3 minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk membuang kotoran-kotoran ikan, sisa makanan, dan lain sebagainya yang ada di dalam kolam. Baru setelah membuang air kotor dari kolam, gantikan dengan air bersih yang dimasukkan secara perlahan.

Demikianlah beberapa cara budidaya ikan patin di kolam terpal yang bisa Anda lakukan sendiri. Tetap perhatikan setiap langkah-langkahnya dan harap bersabar dan memiliki sifat telaten saat membudidayakan ikan patin ini. Terus pantau perkembangan budidaya ikan patin Anda supaya nantinya bisa menghasilkan panen yang baik. Lakukan pemeliharaan rutin supaya mendapatkan mutu kualitas ikan patin yang terjamin.

Baca Juga : 6 Manfaat Ikan Patin Sangat Penting Untuk Ibu Hamil Dan Anak Balita

Inilah Cara Budidaya Lobster Air Tawar…

Diantara ikan laut lainnya, lobster bisa dikatakan merupakan primadona karena tidak hanya rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang lebih tinggi.
Muhai
7 min read

Cara Ternak Kerbau Modern di Indonesia…

Kerbau menjadi salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau banyak pula digunakan dalam beberapa acara adat istiadat.
Muhai
3 min read

Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat…

Bagi Anda yang menyukai burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung Pleci. Burung kicau yang satu ini juga sudah banyak diternakkan lo
Muhai
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *