Berikut 5 Cara Budidaya Burung Pleci Kacamata yang Perlu Anda Ketahui

Berikut 5 Cara Budidaya Burung Pleci Kacamata yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang memiliki kegemaran memelihara burung tentunya akan sangat tertarik dengan burung yang memiliki corak yang menarik dan unik. Warna dan corak setiap burung tentunya memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga dapat menjadikan daya tarik. Salah satu jenis burung yang memiliki corak yang unik adalah burung pleci kacamata. Burung pleci kacamata dikenal memiliki corak yang unik di sekitar matanya sehingga terlihat seperti mengenakan kacamata. Bagi Anda yang ingin membudidayakan jenis burung ini, Anda dapat menyimak 5 metode budidaya burung pleci kacamata berikut:

Simak Cara Mudah Budidaya Burung Pleci Kacamata Bagi Pemula

Perhatikan Pakan

Cara budidaya burung pleci kacamata salah satunya adalah dengan memperhatikan asupan makanannya. Pakan yang bergizi tentu akan menjadikan burung sehat dan semakin menarik. Anda dapat memberikan pakan buatan seperti voer. Atau juga dapat dicampur dengan bahan pakan alami seperti kroto, ulat hongkong, dan jangkrik kecil. Pakan yang baik, alami, dan bergizi inilah yang akan menunjang kesehatan burung Anda selalu terjaga. Maka dari itu jangan abaikan begitu saja dalam pemberian pakan burung pleci kacamata.

Baca Juga : Cara Ternak Belut Bagi Pemula

Menyiapkan Kandang

Mempersiapkan kandang burung adalah termasuk cara budidaya burung pleci kacamata selanjutnya. Siapkan kandang dengan ukuran minimal 30 x 40 x 30, Anda dapat memilih jenis kandang gantung atau lainnya. Perlu diketahui bahwa akan lebih bagus jika menggunakan kandang jenis aviary atau soliter. Selain ukuran kandang, Anda juga perlu memperhatikan tata letak sarang. Disarankan sebaiknya sarang digantung setinggi 8 cm dari atas atap sangkar, jangan lupa memberikan alas dalam sangkar. Letakkan kandang setinggi 1 hingga 2 meter di atas kepala untuk menghindari serangan predator.

Memilih Indukan

Memilih indukan adalah cara yang perlu diperhatikan dalam cara budidaya burung pleci kacamata. Diharuskan Anda memilih indukan yang berkualitas baik, dan kondisi tubuh yang sehat. Anda dapat melihat kualitas burung yang baik dari bulunya yang mengkilap. Untuk indukan betina sebaiknya berumur sekurang-kurangnya satu tahun dan sudah agak jinak. Dan untuk indukan jantan juga serupa, yaitu setidaknya berumur 1 tahun. Anda perlu untuk memastikan bahwa burung tidak cacat, sehat, dan siap dikawinkan. Jika Anda menginginkan proses penangkaran yang mudah Anda dapat memilih indukan yang sejenis.

Baca Juga : Cara Ternak Lele

Proses kawin hingga bertelur

Proses bertelur burung pleci kacamata biasanya memakan waktu sekitar 14 hari. Dan telur yang dihasilkan biasanya akan berjumlah 1 hingga 4 butir. Apabila induk burung tidak ingin mengerami telurnya, Anda dapat menggunakan inkubator sebagai cara alternatif. Jika burung jantan seringkali mengganggu betina dalam proses mengerami, Anda dapat memisahkan indukan jantan terlebih dahulu.

Proses penjodohan

Proses penjodohan burung pleci ini dapat dinilai cukup mudah. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mendekatkan kedua indukan sekitar satu hingga dua minggu setiap harinya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Budidaya Yang Menguntungkan

Dalam proses penjodohan ini Anda dapat memberikan pakan-pakanan hewani seperti jangkrik. Setelah hari ke-5, Anda dapat memisahkan kedua sangkar. Jangan terlalu jauh dalam memisahkan, jika pleci saling memanggil dengan suara yang lantang, maka proses penjodohan berhasil.

Itulah dia 5 cara budidaya burung pleci kacamata yang perlu Anda ketahui. Untuk ukuran pemula, Anda dapat mengikuti cara-cara tersebut dengan mudah. Pastikan berikan perawatan yang terbaik pada burung pleci kacamata Anda agar hasil yang didapatkan dalam budidaya juga memuaskan.

Baca Juga : Usaha Agrobisnis

Inilah Cara Budidaya Lobster Air Tawar…

Diantara ikan laut lainnya, lobster bisa dikatakan merupakan primadona karena tidak hanya rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang lebih tinggi.
Muhai
7 min read

Cara Ternak Kerbau Modern di Indonesia…

Kerbau menjadi salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau banyak pula digunakan dalam beberapa acara adat istiadat.
Muhai
3 min read

Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat…

Bagi Anda yang menyukai burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung Pleci. Burung kicau yang satu ini juga sudah banyak diternakkan lo
Muhai
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *