Cara Beternak Kelinci New Zealand White bagi Para Pemula

Kelinci New Zealand White, kelinci putih dengan mata merah yang sering kita jumpai ini merupakan kelinci jenis pedaging. Dengan bobot hingga 5 kilogram, membuat kelinci jenis ini sangat banyak dijadikan sebagai target para peternak untuk mengembangkan usahanya. Namun harus diperhatikan beberapa hal untuk Anda bagaimana metode beternak kelinci New Zealand White. Karena harus memerlukan perhatian ekstra dalam beternak kelinci pedaging yang satu ini. Berikut cara-caranya.

Cara Beternak Kelinci New Zealand White bagi Para Pemula

Baca Juga : Anti Ribet Dan Mahal, Inilah cara Budidaya Lobster Air Tawar Di Koam Terpal

Cara Budidaya Kelinci New Zealand White Dengan Benar dan Gampang untuk Pemula

Kandang yang sesuai

Ada beberapa jenis kandang untuk beternak kelinci New Zealand White. Bila Anda memiliki lahan yang luas, kandang terbuka dapat Anda manfaatkan. Namun bila lahan kecil, Anda dapat membuat kandang tertutup. Namun untuk kandang tertutup sendiri, harus dibuat 2 jenis, yakni kandang yang bisa memuat banyak kelinci untuk mengawinkan serta untuk yang ingin melahirkan.

Bibit yang unggul

Cara beternak kelinci New Zealand White untuk mendapatkan hasil yang baik yakni harus memilih bibit yang bagus. Bibit yang sangat cocok untuk bisa diternak haruslah yang sehat dan aktif. Selain itu memiliki bulu yang bagus dan tidak kusam, serta mata yang cerah.

Baca Juga : Cara Ternak Belut Bagi Pemula

Asupan Nutrisi

Biasanya kelinci makan sayuran hijau, seperti rumput-rumputan, serta sayur-sayuran terutama kangkung, sawi, dan lain-lain. Jangan beri makanan yang dapat membuat pencernaan para kelinci tersebut menjadi terganggu. Beri pakan secara teratur, terutama pada malam hari, beri sedikit lebih banyak dibanding siang hari karena kelinci lebih aktif pada malam hari.

Pemberian asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh para kelinci New Zealand White juga harus diperhatikan. Pemberian beberapa campuran sayur/rumput dengan ditambah pelet akan sangat efektif untuk kesehatan dan pertumbuhan kelinci-kelinci tersebut.

Perawatan

Perawatan adalah salah satu cara beternak kelinci New Zealand White yang harus diperhatikan.

Baca Juga : Analisis Budidaya Ikan Patin dan Peluang Usahanya

Perawatan merupakan tindakan untuk menentukan hasil akhirnya. Dengan cara selalu membersihkan kandang secara teratur agar tetap bersih agar penyakit tidak timbul di area tersebut.

Serta pisahkan bila ada kelinci yang sakit, segera pisahkan dan karantina terpisah. Cara tersebut harus sangat diperhatikan bila tidak ingin hal buruk terjadi.

Perkawinan dan Kelahiran

Untuk mengawinkan 2 ekor kelinci New Zealand White juga perlu diperhatikan. Kelinci yang berusia 4-6 bulan adalah kelinci yang siap untuk dikawinkan. Terdapat 2 cara perkawinan, yakni berkelompok dan perpasangan. Untuk perkawinan kelompok, Anda dapat memasukkan beberapa betina dan beberapa pejantan dalam 1 kandang. Sedangkan Untuk pasangan, Anda cukup memasukkan 1 pasang dalam 1 kandang. Untuk kehamilannya biasanya membutuhkan waktu 28 – 38 hari.

Selama selang waktu tersebut, cobalah raba perut betina, bila terasa seperti ada bola-bola di dalam perutnya berarti pembuahannya sukses. Anda harus segera memisahkan induk yang tersebut ke kandang lain. Pastikan sang induk yang melahirkan mendapat makanan yang cukup banyak. Karena bila kekurangan makanan, sang induk dapat memakan anaknya sendiri. Tahap cara beternak kelinci New Zealand White ini harus diperhatikan juga.

Panen

Masa panen untuk anak kelinci New Zealand White adalah ketika berumur 2 bulan setelah kelahiran. Namun untuk Anda yang menjual kelinci tersebut secara kiloan, Anda dapat menjualnya saat bobot mencapai 3-5 kilogram.

Itulah beberapa cara beternak kelinci New Zealand White untuk pemula yang ingin menggeluti bidang ini. Bila Anda melakukan secara telaten dan memperhatikan cara perawatan yang baik, akan dipastikan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Demikian informasi yang dapat dibagikan untuk Anda yang ingin beternak kelinci, terutama jenis New Zealand White.

Baca Juga : Peluang Usaha Dengan Modal Kecil

Inilah Cara Budidaya Lobster Air Tawar…

Diantara ikan laut lainnya, lobster bisa dikatakan merupakan primadona karena tidak hanya rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang lebih tinggi.
Muhai
7 min read

Cara Ternak Kerbau Modern di Indonesia…

Kerbau menjadi salah satu hewan yang cukup banyak diternakkan di Indonesia. Kerbau banyak pula digunakan dalam beberapa acara adat istiadat.
Muhai
3 min read

Mudahnya Cara Ternak Pleci Agar Cepat…

Bagi Anda yang menyukai burung, tentu sudah tak asing lagi dengan burung Pleci. Burung kicau yang satu ini juga sudah banyak diternakkan lo
Muhai
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *